Sabtu, 17 Oktober 2009

Israel Murka, Serial TV Turki Perlihatkan Tentara Israel Tembaki Anak-Anak

Jumat, 16/10/2009 08:54 WIB Cetak | Kirim

Menteri luar negeri Israel memerintahkan duta besar Turki dipanggil untuk memprotes serial televisi publik Turki yang dianggap menghasut kebencian terhadap Israel, kata kementerian pada Rabu malam yang lalu.

Avigdor Lieberman "menginstruksikan memanggil duta besar Turki di Israel untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat di departemen luar negeri sebagai bentuk protes atas disiarkannya serial televisi di negara tersebut yang dianggap menghasut kebencian terhadap Israel," kata pernyataan itu.

Pengumuman ini datang di tengah munculnya keretakan diplomatik antara kedua belah pihak yang telah menjadi sekutu regional, setelah Ankara melarang Israel untuk ikut berpartisipasi dalam latihan militer bersama pekan ini.

"Lieberman mengatakan bahwa serial televisi Turki merupakan hasutan yang mengarah pada tingkat yang paling parah dan dilakukan di bawah perlindungan negara," tambah pernyataan itu, tanpa memberikan rincian tentang serial yang mana yang dianggap menghasut.

Namun, siaran televisi Israel mengatakan bahwa serial TV tersebut sebagai serial TV Turki. Dalam satu adegan memperlihatkan tentara Israel yang sambil tersenyum menembak seorang gadis kecil dan dalam adegan lain diperlihatkan sebuah peluru yang ditembakkan oleh seorang tentara Israel dalam gerakan 'slow motion' terhadap anak Palestina yang lain.

"Serial TV ini tidak memiliki sedikitpun hubungan dengan realitas, yang menampilkan tentara (militer Israel) sebagai pembunuh anak-anak yang tidak berdosa, tidak layak disiarkan bahkan di negara musuh dan apalagi dalam sebuah negara yang memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Israel," pernyataan itu menyimpulkan.

Komplain Israel terhadap serial TV Turki merupakan sebuah kegagalan kecil terbaru dalam hubungan diplomatik Israel dengan Turki.(fq/aby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Cari Blog Ini